5 Kelompok Rahasia

Banyak yang percaya bahwa dunia ini di jalankan oleh kelompok rahasia seperti Illuminati dan oleh orang-orang yang kita pikir mempunyai kekuatan aneh. Terdengar gila, tetapi bukankah itu hal yang tidak mustahil?

kelompok rahasia dunia
Lambang-lambang organisasi dunia

Berikut ini beberapa organisasi rahasia yang telah membuat kehidupan di dunia seperti sekarang ini.

The Carbonari

Setelah kekalahan Napoleon pada tahun 1814, orang-orang yang berkuasa di Eropa harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengan wilayah yang mereka perintah sebagai bagian dari Kekaisaran Perancis.

Pertama: Perbatasan Eropa digambar ulang pada Kongres Wina, terutama diputuskan oleh Inggris, Rusia, Prusia, dan Austria. Napoleon telah menaklukkan Italia pada 1805, dan ketika pada Kongres Wina mereka telah menandatangani Persetujuan Akhir pada bulan Juni tahun 1815, wilayah Italia telah terpotong. Austria mendapat sepenggal wilayah di utara, sementara sisanya pecah menjadi beberapa negara kecil.

kelompok rahasia the carbonari
Kelompok rahasia dunia : The Carbonari

The Carbonari terbentuk selama decade masa kekacauan, tetapi asal-usul mereka yang sebenarnya tidak jelas – masyarakat menganggap keberadaan  Carbonari merupakan bagian rahasia yang cukup serius. Kemungkinan mereka didatangkan dari Perancis.

Mereka kemungkinan berasal dari cabang homegrown dari freemasonry; mereka memiliki upacara inisiasi, simbol, dan hirarki mirip dengan kelompok rahasia yang terkenal, dan memiliki sekitar 60.000 anggota. The Carbonari adalah kelompok terbesar dari beberapa perkumpulan rahasia di semenanjung Italia pada saat itu. Meskipun mereka tidak terbentuk  dengan tujuan menyatukan Italia, tetapi  mereka bertanggung jawab dalam menetapkan segala sesuatu dalam pergerakan.

Negara terbesar pra-unifikasi adalah Kerajaan The Two Sicilies, yang terdiri dari Sicily dan Naples, di perintah oleh Raja Ferdinand, yang menjalankan tugas utama sebagai pion Austria. Pada 1820, The Carbonari memimpin revolusi yang memaksa Ferdinand untuk menyerahkan kekuasaan dan membuat konstitusi bagi negara. Austria akhirnya bergabung ke Naples dan menghapus konstitusi karena mereka ingin Raja mereka yang bertanggung jawab. Namun, tindakan pemberontakan ini menciptakan pergerakan luas di Italia untuk bangkit dan bersatu, sebuah gerakan yang berhasil pada tahun 1861.

La Trinitaria

Republik Dominika berhutang budi akan keberadaannya sebagai sebuah  negara pada kelompok rahasia yang dikenal sebagai La Trinitaria, atau The Trinity, kelompok ini  di dirikan pada bulan Juli 1838. Pulau Hispaniola telah berada di bawah kekuasaan orang-orang Haiti sejak 1822. Orang Barat yang berbahasa Spanyol tidak semuanya tertarik untuk diperintah oleh Orang Haiti yang berbahasa Perancis yang berada di pulau sebelah timur. Keinginan untuk merdeka dikemukakan pemimpinnya Juan Pablo Duarte, yang kadang-kadang disebut sebagai  founding father (ayah) dari Republik Dominika.

La Trinitaria
Kelompok rahasia dunia : La Trinitaria

Duarte, bersama dengan delapan rekannya, mendirikan La Trinitaria pada usia 25. Organisasi yang bertujuan untuk mendidik masyarakat dan menyebarkan sentimen nasionalisme. Duarte menulis sumpah bagi anggota kelompok La Trinitaria, di mana anggota yang tergabung di dalamnya  menyatakan mereka akan “bersumpah dan berjanji, dengan kehormatan saya dan hati nurani saya, di tangan Presiden kita, Juan Pablo Duarte, untuk bekerja sama dengan anggota kelompok saya di pemisahan definitif dari pemerintah Haiti dan membuat Republik yang berdaulat, bebas dan independen, bebas dari segala dominasi asing, yang akan disebut Republik Dominika.

Kelompok ini melakukan semua yang mereka bisa untuk menyembunyikan keberadaan mereka dari pihak berwenang. Duarte menciptakan kode alfabet untuk komunikasi secara rahasia. Para anggota menggunakan nama samaran dan di bagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang hanya berisikan tiga orang. Kelompok ini juga bekerja sama dengan pemberontak di timur yang berharap untuk menggulingkan pemerintah untuk alasan mereka sendiri.

Pada tahun 1843, mereka berusaha berevolusi namun saat itu mereka gagal. Beberapa Trinitarian di penjara, dan Duarte melarikan diri ke Venezuela. Namun kelompok itu melakukan pekerjaan mereka dengan baik, dan pemberontakan kedua tahun berikutnya menyebabkan kemerdekaan Dominika dinyatakan pada tanggal 27 Februari, 1844. Duarte kembali menjadi presiden, namun ia menghadapi kudeta militer sebelum ia bisa memerintah. Duarte di asingkan dari Negara yang ia ciptakan sendiri. Dia meninggal di luar negeri pada tahun 1864.

Katipunan

Katipunan adalah versi singkat dari Kataastaasan Kagalang-galang Na Katipunan Nang Manga Anak Nang Bayan, yang berarti  “Asosiasi Anak-Anak Rakyat Pemuja yang Agung.” Organisasi yang di bentuk di Filipina pada tahun 1892 ini untuk menentang kekuasaan Spanyol. Para pendirinya adalah Freemason, yang mewariskan tradisi ritual, kode password, dan keanggotaan hanya laki-laki.

Katipunan menandatangani segalanya menggunakan darah mereka sendiri, dimulai dengan dokumen pendirian mereka pada 7 Juli, 1892. Dan pada saat ini, salinan asli dari surat sumpah yang menyatakan “Saya telah menandatangani dokumen ini menggunakan darah saya sendiri yang mengalir dalam nadi saya, dijual di eBay dengan harga ratusan dolar.

katipunan
Kelompok rahasia dunia : Katipunan

Masyarakat berhasil mendapatkan puluhan ribu anggota sekaligus menjaga keberadaan mereka untuk tetap tidak di ketahui oleh orang-orang Spanyol yang berkuasa. Namun, pada tahun 1896, seorang pekerja di sebuah pabrik percetakan yang memproduksi dokumen Katipunan mengaku pada adiknya. Percakapan mereka didengar oleh seorang biarawati, lalu disampaikan pada seorang pendeta, juga kepada pihak berwenang Spanyol. Toko cetak tersebut di gerebek, dan rahasia mereka terbongkar.

Pada tanggal 22 Maret tahun berikutnya, para anggota memutuskan untuk meninggalkan kerahasiaan sama sekali. Mereka berhasil mengatur cukup banyak orang di bawah hidung orang-orang Spanyol untuk memulai habis-habisan pemberontakan. Tentara Revolusioner Filipina mengalahkan kemerdekaan Spanyol dan dideklarasikan pada 12 Juni 1898.

Orang Spanyol membantah keadaan baru ini dan mengatakan pada Amerika Serikat bahwa Filipina adalah punya mereka. AS, setelah memenangkan kemerdekaannya dari penjajah imperialis melalui perang revolusioner, tampaknya berpikir tidak ada orang lain yang seharusnya mendapatkan kesempatan untuk melakukan hal yang sama. Mereka memindahkan pasukan ke Filipina dan memerintah selama 50 tahun. Namun demikian, 12 Juni masih dirayakan sampai hari ini sebagai Hari Kemerdekaan Filipina.

Filiki Etaireia

The Filiki Etaireia (“Friendly Brotherhood”) memiliki tujuan bahaya yang tidak sesuai dengan nama mereka. Mereka memulai perang revolusioner Yunani 1821, yang berlangsung 11 tahun dan menyebabkan pembentukan bangsa Yunani modern.

Pada tahun 1814, Nikalaos Skoufas dan Athanasios Tsakalov, sepasang pedagang, menyusun rencana untuk sebuah organisasi rahasia untuk menggulingkan pemerintahan Ottoman di Yunani. Kelompok mereka  memiliki empat tingkatan keanggotaan, dan ada otoritas tertinggi. Semua orang memiliki identitas rahasia. Para pedagang memegang erat pada struktur Freemason. Mereka membuat organisasi serumit mungkin dan memilih sebuah nama.

Filiki Etaireia
Kelompok rahasia dunia : Filiki Etaireia

Dalam dua tahun, mereka hanya berhasil merekrut sekitar 30 orang. Anggota mereka yang paling antusias adalah Nikolaos Galatis, yang mengaku sebagai kerabat Ioannis Kapodistrias, duta Yunani untuk Kekaisaran Rusia, yang kemungkinan rival terbesar Ottoman. Para pemberontak, melihat kesempatan untuk membentuk sekutu yang kuat, mengirim Galatis untuk merekrut kerabatnya.

Tanggapan Kapodistrias tidak terlalu antusias. Dia berkata kepada Galatis, “Satu-satunya saran yang dapat saya berikan pada anda adalah tidak berbicara dengan orang lain tentang hal ini dan untuk segera kembali ke tempat Anda berasal; dan memberitahu orang-orang yang mengirim Anda bahwa jika mereka ingin menghindari menghancurkan diri mereka sendiri – dan menyeret seluruh kemurnian dan ras dengan mereka – mereka harus meninggalkan aktivitas revolusioner mereka. “

Galatis melakukan hal yang sebaliknya dan mulai berbicara tentang Etaireia kepada siapa saja yang mau mendengarkan. Dia bercerita kepada polisi Rusia. Dia bahkan bercerita kepada Czar,  Kapodistrias yang memiliki gangguan saraf. Galatis akhirnya meninggalkan Moskow di bawah pengawasan Rusia dan terus berusaha untuk merekrut orang. Pada akhirnya, Friendly Brotherhood sendiri telah membunuhnya karena dia menolak untuk memahami bagian dari “rahasia” perkumpulan mereka.

Di tahun 1819, perkumpulan telah berhasil mendirikan mesin perekrutan yang lebih kompeten dan diperluas untuk enam tingkat keanggotaan. Orang-orang yang bergabung dengan mengambil sumpah di beri informasi lebih lanjut berdasarkan kontribusi yang mereka buat. Para buta huruf dan pekerja tidak terampil (“brothers”) berada di tingkat level paling bawah  . Beranjak ke level lebih tinggi diperlukan ritual dan sumbangan yang semakin rumit, serta belajar banyak tanda-tanda rahasia, tapi dengan nama sebutan baru seperti “Yang Tertunjuk”, “Imam”, dan (paling atas) “Gembala”.

Para pemimpin organisasi tahu mereka tidak bisa mempertahankan konspirasi mereka selamanya dan mencari seorang pemimpin untuk memulai pemberontakan. Mereka berpaling ke Kapodistrias lagi, tapi dia menolak, sekali lagi mengatakan rencana mereka itu bodoh dan tidak akan bekerja. Mereka akhirnya meminta seorang perwira Rusia bernama Alexander Ypsilantis, yang setuju dengan organisasi mereka. Mereka mengumumkan Revolusi Yunani pada musim semi 1821, dan meskipun masyarakat itu sendiri rusak dikarenakan pecah perang, Yunani memenangkan kemerdekaannya.

Kepala pertama dari negara independen Yunani, sering dianggap sebagai bapak pendiri negara modern, adalah Ioannis Kapodistrias.

 The Germanenorden

Pada abad ke-20, kelompok rahasia Jerman yang menyebut dirinya Germanenorden percaya dengan tegas dalam superioritas ras Aryan, dan pada tahun 1916 mereka mengadopsi Swastika sebagai simbol mereka. Mereka juga sangat anti-Semit.

Kelompok ini di bentuk pada tahun 1812 untuk memerangi konspirasi Yahudi dan Freemason dengan mengalahkan mereka di permainan mereka sendiri. Mereka memiliki ritual yang rumit termasuk orang-orang yang berpakaian seperti ksatria, raja, penyair, dan bahkan peri hutan (forest nymph). Anggota di minta untuk membuktikan nilai keturunan/ leluhur Aryan dengan akta kelahiran beberapa generasi mereka.

The Germanenorden
Kelompok rahasia dunia, The Germanenorden

Pada tahun 1918, kelompok ini berubah menjadi Thule Society, di bawah pemerintahan Rudolf von Sebottendorff. Kegiatan bawah tanah mereka pada tahun 1919 membantu mengalahkan komunisme, dan mereka bermetamorfosis lebih lanjut ke Partai Pekerja Jerman (German Workers Party). Pada tahun 1920, mereka diambil alih oleh Adolf Hitler, yang menyingkirkan tradisi okultisme yang tidak ia sukai tapi terus menyimpan beberapa hal lainnya.

The Black Hand

Organisasi Serbia Unification Or Death, yang lebih dikenal sebagai Black Hand, dibentuk pada 9 Mei 1911 dengan tujuan memerangi pemerintahan Ottoman. Hanya dalam beberapa tahun anggota mereka berjumlah sekitar 2.500 orang, yang dipimpin oleh Kolonel Dragutin Dimitrijevic, yang dikenal sebagai “Apis”.

The Black Hand
Kelompok rahasia dunia : The Black Hand

Para anggota mengambil sumpah yang menempatkan kerahasiaan kelompok di atas kehidupan mereka sendiri, yang menyatakan “di hadapan Tuhan, demi kehormatan saya dan hidup saya, bahwa saya akan menjalankan semua misi dan perintah tanpa pertanyaan. Aku bersumpah di hadapan Tuhan, demi kehormatan saya dan hidup saya, bahwa saya akan mernyimpan semua rahasia organisasi ini sampai ke kuburan saya. ”

Kelompok ini beroperasi dalam berbagai tingkatan level. Di level paling bawah adalah kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang. Setiap level tingkat bawah hanya tahu rincian kontak yang terdekat dan tersegera kecuali rincian level lain atau pemimpin kelompok yang lebih tinggi. Maksudnya adalah jika anggota tidak tahu apa-apa, mereka tidak bisa memberikan informasi apa pun.

Pada tahun 1914, Apis datang dengan rencana untuk membunuh Archduke Franz Ferdinand. Misi itu berhasil dan itu memicu perang lebih mematikan daripada sebelumnya.

 

 

Previous post

Fenomena Crop Circle (Cetakan Lingkaran)

Next post

Philadelphia Experiment : Misteri Percobaan Kapal Perang Yang  Tak Terlihat