5 Organisasi Rahasia Tertua

Sifat Organisasi rahasia itu seperti ‘jubah dan belati’. Mereka menjadi topik menarik di media tetapi terus-menerus sulit dipahami. Organisasi rahasia ini biasanya memiliki kinerja yang tertata rapi, sangat rahasia, dan di akses hanya untuk para anggota. Tentu saja, tergantung pada sifat dari organisasi dan kebijaksanaan dari anggota bagaimana mereka menyembunyikan rahasia.

organisasi rahasia tertua
Organisasi rahasia tertua di dunia

Organisasi rahasia biasanya ditandai oleh keinginan untuk bersembunyi dari masyarakat umum. Mereka tidak menjelaskan siapa saja yang menjadi anggota dan bagaimana arus keuangan berjalan. Kegiatan pertukaran informasi dilakukan secara tak resmi. Juga memiliki ritual rahasia antara anggota yang memperkuat kekerabatan dan solidaritas. Secara historis dan antropologis, organisasi rahasia umumnya adalah sebuah persaudaraan yang mendorong ikatan tradisional dan penjaringan.

Sifat rahasia dari organisasi ini telah menginspirasi beberapa novel dan film yang digambarkan sebagai grup yang tidak menyenangkan bahkan menakutkan.  ‘Eyes Wide Shut’ dan ‘Skulls’ adalah dua contoh film yang mengesankan. Banyak dari organisasi ini umumnya diyakini terbentuk dari suatu agama atau agenda politik tertentu.

Pada kenyataannya, tentu saja, organisasi-organisasi ini juga mungkin banyak memiliki informasi berbahaya dan handal. Beberapa organisasi yang dikenal dalam beberapa kasus tampaknya menunjukkan kebenaran yang lebih aneh dari  pada karya fiksi.

Selama berabad-abad, banyak organisasi rahasia telah muncul kemudian menghilang. Tetapi ada juga beberapa yang berhasil tetap ada berkat banyaknya legenda yang terkait dengan mereka. Kami memiliki daftar profil lima organisasi rahasia yang sarat konspirasi juga yang tertua sepanjang sejarah.

 5. Rosicrucian Order – 1607

Rosicrucian (Rose-Cross) Order adalah gagasan dari sekelompok warga Protestan Jerman. Organisasi ini diyakini telah muncul di awal 1600-an. Berdasarkan informasi setidaknya dari dua dokumen penting, yaitu Fama Fraternitatis Rosae Crucis atau ‘The Fame Persaudaraan RC (The Fame of the Brotherhood of RC) dan Confessio Fraternitatis, atau Pengakuan Persaudaraan (Confession of the Brotherhood).

Dokumen pertama menceritakan kehidupan seorang ahli kimia misterius yang melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia untuk mengumpulkan pengetahuan rahasia. Dokumen kedua bercerita tentang persaudaraan rahasia para ahli kimia yang menyiapkan perubahan wajah politik dan agama di Eropa. Ketika selebaran mulai beredar di Eropa pada abad ke-17, ada gerakan yang berbeda di dalangi organisasi ahli kimia ini yang akan mengubah lanskap artistik dan ilmiah serta budaya dari sebuah era.

Rosicrucian masih diselimuti misteri sampai hari ini. Sindiran untuk organisasi ini dalam literatur menyiratkan bahwa gerakan didasarkan pada pencarian pengetahuan melalui eksperimen, tetapi tidak jelas apakah organisasi ini dimaksudkan untuk ikut serta dalam literal eksperimen kimia atau lebih dari sekedar kimia epistemologis. Disebutkan bahwa Rosikrusianisme berkontribusi terhadap munculnya Freemasonry di tahun-tahun berikutnya dan hari ini, dan ada beberapa organisasi Rosicrucian yang mengaku sebagai keturunan langsung dari organisasi ini.

Anggota yang terkenal : Abraham Lincoln, Benjamin Franklin, Walt Disney

4. Freemason – 1717

Organisasi yang memiliki profil tinggi ini hampir tidak bisa disebut ‘rahasia’. Organisasi yang dikenal eksklusif ini masih memiliki praktek yang diselimuti kerahasiaan. Di 1717, empat organisasi kecil yang berasal dari loji Mason bergabung bersama-sama untuk membuat Grand Masonic Lodge: Awalnya, para anggota bisa menjadi gelar pertama atau gelar kedua Freemason tapi gelar ketiga yang diperkenalkan pada tahun 1750, menyebabkan organisasi  terpecah.

Tiga gelar itu adalah :

Entered Apprentice – yang terkualifikasi sebagai anggota dasar organisasi,

Fellow Craft – yang membutuhkan satu untuk memajukan pengetahuan tentang grup – dan

Master Mason anggota yang harus memenuhi kegiatan dengan mengambil tanggung jawab dalam kegiatan Masonik.

Pertemuan rutin Freemason dilakukan dalam ritual yang berpusar pada susunan tanda dan simbol. Anggota disebutkan menggunakan gerakan tangan rahasia untuk mengidentifikasi diri mereka satu sama lain. Dengan cara ini, organisasi berhasil membatasi jumlah masuk anggota, hanya untuk orang-orang yang di anggap ‘layak’ oleh organisasi. Mason memiliki gaya pakaian seperti pakaian yang dikenakan oleh tukang batu di abad pertengahan.

Organisasi ini mengharuskan anggota mempunyai pikiran yang sehat, berusia minimal 18 tahun dan direkomendasikan oleh tiga cabang organisasi yang ada, agar bisa bergabung sebagai anggota. Freemason menyebut Tuhan mereka sebagai Arsitek Pembuat Alam Semesta Yang Hebat (The Great Architect of the Universe) dan banyak agama menolak praktek Masonik. Gereja Katolik Roma melarang umat Katolik untuk bergabung organisasi ini.

Anggota yang terkenal : Mark Twain, Winston Churchill, Henry Ford

3. Illuminati – 1776

Illuminati awalnya adalah nama yang diberikan untuk pengikut gerakan intelektual pada akhir abad 17 dan 18. Pada awalnya organisasi ini di dirikan sebagai lembaga yang melandaskan pada cita-cita empirisme, menentang gagasan takhayul dan agama. Didirikan di Ingolstadt di Bavaria oleh Jesuit Adam Weishaupt pada Mei 1776. Para anggota Illuminati sering menyebut diri mereka sebagai Perfectibilists. Awalnya, organisasi ini dilarang.

Namun beberapa politisi yang termasuk intelektual dan berpengaruh bergabung dengan barisan dan organisasi ini dan memperoleh daya tarik ke seluruh Eropa. Perwujudan modern dari organisasi Illuminati masih sering di bahas tetapi tetap sulit di pahami. Illuminati adalah organisasi ateis, dan sebagian besar anggotanya juga teridentifikasi dengan cita-cita humanis. Salah satu teori konspirasi yang banyak terpasang di organisasi rahasia ini adalah bahwa Illuminati berencana untuk menggulingkan agama yang sudah mapan.

Sementara mayoritas percaya bahwa kegagalan Illuminati untuk menemukan pemimpin baru dan upaya pemerintah untuk melarang organisasi ini akhirnya menyebabkan keruntuhannya pada akhir 1700-an. Teori konspirasi menyatakan bahwa organisasi Illuminati selamat di abad ke-19 dan beberapa berpendapat bahwa organisasi ini masih ada sampai hari ini. Selebriti dan figur kuat sering diduga menjadi bagian dari modern Illuminati.

Tetapi dalam kenyataannya ada sangat sedikit bukti untuk mendukung teori konspirasi yang terkenal ini. Teori konspirasi yang terkenal tersebut menyebutkan bahwa Illuminati telah memanipulasi peristiwa dunia dan media serta berjuang untuk membentuk One World Government berdasarkan atas prinsip ateis dan cita-cita humanis.

(Diduga) Anggota yang terkenal : Beyonce, Rhianna, Nicki Minaj, Michael Jackson, Bono…!

2. Skull and Bones – 1832

The Order of Skull and Bones awalnya dikenal sebagai Persaudaraan Kematian (Brotherhood of Death) dan memegang gelar organisasi mahasiswa rahasia tertua di Amerika Serikat. Didirikan pada tahun 1832 untuk mahasiswa senior di Universitas Ivy League Yale. Organisasi ini terbuka untuk beberapa anggota elit saja. Sampai hari ini, organisasi ini menggunakan ritual Masonik ketika para anggota bertemu pada Kamis dan Minggu di sebuah bangunan yang mereka sebut ‘Tomb’ atau makam.

Menurut kepala arsip Yale University, Judy Schiff, nama-nama anggota biasanya dikenal secara umum sebelum tahun 1970-an tetapi ritual mereka selalu dirahasiakan. Ada sejumlah teori konspirasi yang mengelilingi Skull and Bones, salah satunya adalah bahwa CIA merekrut langsung anggotanya dari organisasi ini. Namun pada tahun 2007 CIA merilis pernyataan bahwa mereka menyangkal  adanya hubungan dengan organisasi rahasia ini.

Anggota yang terkenal : John Kerry, George H W Bush, George W Bush

1. Bilderberg Group – 1954

Organisasi rahasia ini sedikit berbeda dari yang lain karena tidak memiliki keanggotaan resmi. Bilderberg Group adalah nama yang diberikan untuk sebuah lingkaran dari orang-orang yang sangat berpengaruh yang bertemu setiap tahun secara privasi, dengan sponsor pemerintah yang kuat dan keamanan militer, untuk membahas isu-isu yang masih misterius tentang dunia. Kehadiran pada konferensi kelas dunia ini hanya untuk yang di undang saja.

Yang pertama dari pertemuan tersebut, diprakarsai oleh penasihat politik Polandia Joseph Retinger, berlangsung di Hotel Bilderberg di Belanda pada tahun 1954. Dia khawatir tentang meningkatnya sentimen anti-Amerika di Eropa Barat dan menyarankan konferensi berlangsung internasional antara para pemimpin dari Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa untuk bekerja mencari solusi.

Sementara agenda kegiatan dan daftar peserta dapat diakses untuk umum. Namun apa yang sebenarnya terjadi di dalam pertemuan ini masih belum jelas, terutama karena pers di larang memasuki perkumpulan ini. Tidak hanya isi dari pertemuan yang terus rahasia, para peserta di larang, di bawah sumpah, untuk mengungkapkan rincian apapun. Tak perlu dikatakan, kestabilan privasi organisasi ini telah menyebabkan banyak kontroversi dan sejumlah teori konspirasi.

Previous post

10 Penampakan UFO Paling Dapat Dipercaya Dari Berbagai Dunia

Next post

SKULL And BONES