Mengungkap Misteri Jailangkung Yang Sebenarnya

Buat yang belum tahu, Jailangkung disini adalah sebuah film horror terbaru karya anak bangsa yg patut diacungi jempol.   Dirilis lebaran kemarin, film ini berhasil menembus angka 1 juta penonton – walaupun banyak plot hole yg luar binasa gak masuk akal.

Salah satu keunggulan film ini dibandingkan dengan film horror barat adalah, seharusnya film ini begitu lekat dan begitu dekat dengan kehidupan kita. Istilah dan kejadian yang dipakai sudah melekat dalam kultur dan kehidupan sehari-hari kita.

Ditengah banyaknya film horror barat yang diangkat dari kisah nyata, apakah rekan pernah bertanya tanya, dari semua bahasan yang diangkat di film, mana sih yang termasuk fakta & mana yg fiksi/mitos ?

Berikut ini adalah komentar dari praktisi supranatural dari forum supranatural kaskus hebiryu, agar rekan bisa membedakan fact & fiction di film jailangkung.

Ritual Jailangkung

Teknik pemanggilan arwah adalah teknik yg sangat umum dan ada di setiap kebudayaan. Jailangkung itu memang bener adanya. Biar lebih solid untuk boneka nya bisa ditambahkan dari bahan – bahan yg sudah meninggal atau menggunakaan benda-benda pusaka.

Ritual ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dan remaja sebagai mainan, dan memang kadang mereka membuat anak kesurupan dan tidak mau pulang berjam-jam hingga kadang berhari-hari.

Ritual Jailangkung – FACT

Hantu tidak mau pulang – FACT

Hantu digendong dan dibopong

Hantu biasanya gak punya kaki kok bisa hantu digendong dan dibopong ? Pasti itu berkeliaran dibenak pemirsa.

Biasanya ketika kita memindah kan hantu / jin dari rumah angker ke rumah baru mereka ( dititipkan di kebun atau tempat keramat ) kita harus menggendong mereka atau membopong mereka. Mereka harus diantarkan supaya tidak diganggu oleh hantu lain di jalan atau jadi tersesat.

Tapi bukan hanya digendong terus jadi hilang. Mereka di gendong sampe ke tujuan.  

Hantu digendong – FACT

jailangkung

NGEROGO SUKMO untuk MEMANGGIL ARWAH orang hidup ?

Tentunya ini membuat praktisi supranatural mengangkat alis. Ternyata ada dua istilah yang mirip : ROGO sukmo dan NGEROGOH SUKMO.

Rogo sukmo sebenernya adalah sebutan untuk melepas sukma dari badan dan melakukan perjalanan astral.  Teknik untuk memanggil sukma orang hidup disebut NGEROGOH SUKMO.

Ngerogoh itu bahasa jawa untuk memasukan tangan ke dalam sebuah tempat. Seperti toples. Dalam konteks sukma, tempatnya adalah badan.

Ngerogoh sukmo adalah Ilmu memanggil arwah orang hidup – FACT

Kuntilanak seram  

Bagi yang punya indra keenam ataupun yg sudah pernah melihat langsung, wajah kuntilanak memang seseram yg digambarkan di film-film.  Mereka adalah hantu marah yang agresif dan suka menyerang.

Wajah Kuntilanak menyeramkan – FACT

Suara tertawa kuntilanak

Di film-film kita sering menjumpai ada suara Hantu tertawa terbahak -bahak. Kenyataannya memang sering terdengar bunyi seperti itu di dalam atau di luar kepala. Bunyi kuntilanak memang hi hi hi hi. Kadang seperti mendengarnya di kejauhan. Kadang kita mendengarnya seperti bunyi dalam kepala.

Bunyi lain yg sering di keluarkan oleh hantu wanita adalah bunyi teriakan tinggi melengking. Ngiiiiiiiiiing.

Dalam film digambarkan banyak suara hantu tertawa – FACT

Manusia mengandung bayi mahluk halus

Memang ada. Yg terjadi adalah wanita dibuahi oleh mahluk halus jenis kelamin jantan. Hubungan badan lewat mimpi. Atau bisa jadi ada makhluk halus yang menyamar jadi suami / pasangan dan melakukan hubungan.

Walaupun begitu, mereka tetap harus melalui proses hamil 9 bulan dulu sebelum akhirnya dilahirkan atau hilang.

Peristiwa masuknya bayi ke perut Angel didahului mimpi – FACT

Bisa langsung melahirkan – FICTION

Apakah benar ada hantu nemplok di punggung

Sangat sangat benar sekali. Hantu yang nemplok seperti itu bisa menimbulkan gangguan fisik. Biasanya memang menggantung di kepala / di kaki dan membuat orang sering sakit kepala atau terlihat pincang.

Hantu nemplok di punggung – FACT

Hantu mati anak tidak bisa di pagar gaib ?

Ada memang hantu hantu tua yang tidak bisa dipagar gaib. Yang seperti ini levelnya sudah bukan hantu. Melainkan raja jin.

Secara umum membuat pagar gaib yang solid pun itu sangat susah. 80% pagar gaib punya jangka waktu dan tinggal tunggu waktu saja sebelum ditembus.

Paling gampang malah menggunakan ghost vs ghost. Menggunakan keris pusaka kelas 1, atau jenglot, itu hantu mati anak bisa dipukul pelan-pelan.

Hantu tidak bisa di pagar gaib ? – FICTION.

Bisa gak sih ketempelan sampe koma ?

Terjadi kesepakatan dalam beberapa kebudayaan manusia bahwa Manusia terdiri dari beberapa unsur. Salah satunya adalah sukma dan ruh. Bila ruh adalah nyawa, yg membuat jantumg kita berdetak, Sukma adalah kesadaran.

Ketika ada org kesurupan, yg terjadi adalah kesadarannya ditindih ( surpress ) dan diambil alih oleh mahluk lain.

Ketika diambil alih ini, kadang terjadi perubahan kepribadian, suara, atau bahkan bisa sampe terjadi mati suri atau koma, yg bahasa kedokterannya adalah comatose.

ketika terjadi mati suri karena gangguan gaib, kadang akan terjadi goncangan psikis. anak akan seperti orang linglung.

Walaupun terjadi recovery, pun gak akan terjadi dalam waktu singkat.

Koma karena ketempelan FACT !
Recovery dalam waktu singkat FICTION

Previous post

Doa Pembuka Pintu Rezeki

Next post

Mitos Pesugihan Nyi Blorong Yang Tidak Diketahui Orang

  • benar sih karena sudah sering menyaksikan dan beberapa kali melihat efek efek yang ditimbulkanya 🙂