Disini Terdapat Monster Nessie

Ada satu Legenda yang sangat terkenal dari Skotlandia, monster yang berasal dari danau Loch Ness biasa disebut dengan Monster Nessie. Keberadaan monster ini terus menjadi misteri, namun keberadaannya bisa dilacak hingga 1500 tahun yang lalu.

Peta lokasi Loch Ness
Peta lokasi Loch Ness, dikutip dari letoukan.fr

Makhluk hidup yang belum dapat terindetifikasi ini, konon adalah makhluk jaman prasejarah yang hidup bersama Dinosaurus serta lolos dari kepunahan dan masih bertahan hidup hingga sekarang.

Beberapa orang yang mengaku pernah melihat makhluk hidup ini, mereka mendeskripsikan Nessie berleher panjang dengan punuk di punggungnya seperti layaknya dinosaurus.

Pertama kali makhluk ini menarik perhatian publik adalah ketika  ditemukannya surat yang dikirim kepada wakil menlu Skotlandia pada tahun 1930 oleh seorang Kepala Polisi di Inverness, Skotlandia yang bernama William Fraser. Dalam suratnya tersebut, Kepala Polisi ini menyebutkan melihat penampakan monster berleher panjang di Danau Loch Ness, hingga saat ini surat tersebut masih tersimpan di Arsip Nasional Skotlandia.

Dan yang paling menggemparkan adalah sebuah foto yang menampakkan Nessie dengan jelas sedang menyembul dari dalam air, foto ini diambil oleh Dr. Robert Kenneth Wilson, seorang ahli bedah,  pada tahun 1934.

Foto Penampakan Loch Ness paling terkenal dari tahun 1934
Foto Penampakan Loch Ness paling terkenal dari tahun 1934, dikutip dari www.ryot.org

Selanjutnya setelah itu semakin banyak orang yang menampilkan bukti-bukti bahwa mereka telah bertemu dan mengabadikan monster ini baik dalam bentuk foto ataupun video.

Dan ternyata, penampakkan Loch Ness sudah terekam dalam catatan sekitar 1500 tahun yang lalu.

Sebuah  catatan yang berjudul Life of St Columba pada tahun 565, menceritakan tentang seorang rohaniawan Kristen pernah menolong suku Pict (penduduk asli Skotlandia kuno) dari serangan makhluk raksasa yang mendiami danau Loch Ness.

Para misionaris Kristen melakukan perjalanan di dataran tinggi sampe akhirnya mereka bertemu dengan sekolompok orang Pict yang sedang mengadakan upacara penguburan di tepi danau. Mereka menjelaskan bahwa mereka melakukan penguburan terhadap rekan suku mereka yang diserang oleh monster ketika perahunya ada di tengah danau.

Columba memerintahkan seorang muridnya, Lugne Mocumin, untuk berenang ke tengah danau dan mengambil perahu si orang yang meninggal.

Ilustrasi St. Colomba mengusir monster dari danau Loch Ness
Ilustrasi St. Colomba mengusir monster dari danau Loch Ness , dikutip dari www.pinterest.com

Saat Lugne berenang, sang monster muncul lagi ke permukaan. Saat itulah Columba mengangkat salibnya dan berkata “ kamu tidak boleh maju dan melukai siapapun ! Kembali ! “. Sang monster yang hanya tinggal berjarak 2 meter dari Lugne kemudian berbalik.

Suku Pict yang terkagum-kagum kemudian pindah mengikuti agama Kristen.

Pada tahun 1934,  Rupert T.Gould, penyusun buku pertama tentang Loch Ness mencatatkan bahwa terjadi penampakan pada tahun 1871 atau 1872. Pada tengah hari, di bulan Oktober yang cerah, dia melihat ada sesuatu yg seperti “perahu terbalik” yang bergerak dan menyembul di permukaan.

Pada tahun 1933, surat kabar The Scotsman menampilkan surat dari Duke of Portlan yang menceritakan “ Ketika saya menjabat, di tahun 1895, para penyewa rumah Salmon di danau Loch dan sungai Gerry, penjaga hutan, penduduk dan nelayan selalu bercerita tentang mahluk raksasa yang keliatanya mirip dengan Loch Ness.

Pada tahun 1879 dan 1880, dua kelompok saksi yang berbeda menampilkan kesaksian yang mirip adanya hewan mirip gajah dengan leher yang sangat panjang dan kepala kecil yang berjalan dari air ke darat.

Kata-kata kunci seperti kapal terbalik, warna seperti gajah,kepala kecil dan leher panjang banyak diulang-ulang pada laporan-laporan penampakan selanjut nya.  Pada tahun 1970-an, ahli biologi Roy P. Mackal menekankan “ bertahun-tahun terjadi lebih dari 10.000 penampakan Lochness, tapi mungkin hanya sepertiga nya saja yang benar-benar tercatat.”

Bila tampak utuh, bisa jadi benuk Loch Ness tidak akan beda jauh dari ilustrasi artis ini
Bila tampak utuh, bisa jadi bentuk Loch Ness tidak akan beda jauh dari ilustrasi artis ini. Dikutip dari motherboard.vice.com

Penggamabaran monster ini, mirip dengan plesiosaurus, reptil air yang hidup di Jaman Triassic, lebih dari 2.000 juta tahun lalu.  Bila ini benar, kemungkinan nya adalah pada saat jaman es, sungai es ( glacier ) membentk danau air tawar terbesar ( panjang 20 mil dengan lebar setengah mil dan kedalaman  2500 m ) di sebuah tempat yang sekarang disebut Skotlandia.

Ketika terjadi perubahan iklim, air laut masuk mengisi lubang yang ditinggalkan oleh sungai es. Ketika es mulai menghiang, tanah naik pelan-pelan dan lubang ini menjadi loch ness. Seiring dengan waktu, air tawar menggantikan air laut.

Gajah Berenang

Foto Loch Ness paling terkenal yang diambil pada tahun 1933 oleh Dr. Robert Kenneth Wilson  banyak menjadi bahan penelitian. Sanggahan terbanyak menganggap foto ini hanya sekedar foto gajah berenang di Loch Ness.

Maret 2006, Neil Clark, seorang ahli paleontologi dari Hunterian Museum di Glasgow memberikan sebuah opini “ Sangat mungkin bahwa orang tidak terbiasa melihat gajah berenang – sebagian besar hewan tenggelam, hanya terlihat belalai dan punuknya saja – dan mereka menganggapnya sebagai monster. “

Neil Clark juga menekankan bahwa kebanyakan penampakan muncul pada saat Bertram Mill menawarkan hadiah uang untuk bukti adanya monster.

Dan siapakah Bertram Mill ini ? Bertram Mill adalah seorang pemilik sirkus di Inverness, kota pelabuhan tak seberapa jauh dari Lochness.

Pada tahun 1933, 3 tahun setelah berita Lochness dan 1 tahun sebelum munculnya foto Lochness, dia berjanji memberikan hadiah 20.000 poundsterling  untuk siapa saja yang bisa memberikan petunjuk mengenai monster itu.

Untuk lebih jelas, mari kita lihat perbandingan antara foto lochnes dan foto gajah berenang.

Dibawah ini adalah foto  dari gajah yang sedang berenang:

tampang punggung gajah dan belalai nya , benar-benar mirip monster Ness
tampang punggung gajah dan belalai nya , benar-benar mirip monster Nessi, dari https://www.flickr.com
Lihat, ada monster !!
Lihat, ada monster !! dikutip dari http://www.sciencebuzz.org/image/swimming_elephant_0

 

 

 

 

 

 

 

 

Bandingkan dengan fotoasli dari loch ness berikut ini:

monster nessie
ini pasti bukan monster, hanya seekor gajah

Legenda ini telah mengembangkan daerah disekitar danau menjadi pusat pariwisata yang dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, banyak hotel dibangun, toko-toko souvenir, maupun perusahaan penyewaan perahu.

Setiap tahun, lebih dari 500 ribu orang datang ke Lochness tiap tahun, dengan sedikit harapan untuk bertemu Loch Ness. Dengan harga satu tiket wisata 15 poundsterling per orang, diperkirakan Loch Ness memutarkan uang sebesar 50 juta poundsterling untuk perekonomian setempat.

Diluar bukti kesaksian, foto dan film yang dapat diragukan, pada tahun  1954 – 1982, terdeteksi 20 anomali terhadap alat sonar yang terpasang di Loch Ness.

Pantulan sonar yang lebih kuat dari ikan dan bergerak sudah sering terdeteksi sejak tahun 1950. Pada tahun 1968, para ahli dari Universitas Birmingham mencoba alat sonar baru dan mendeteksi adanya sesuatu yang bergerak naik dari dasar danau, bergerak cepat beberap ratus kaki dan kemudian balik lagi ke dasar danau.

Pada tahun 1969, sebuah benda bergerak sejajar dengan kapal laut yang membawa sonar kemudian berbalik dan menghilang. Pada tahun 1980, banyak pantulan sonar terdeteksi oleh alat-alat canggih dari proyek penyelidikan Loch Ness & Morar.

Dan yang terakhir pada tahun 1987, pada saat operasi Deep Scan, ditemukan 3 beda besar yang melakukan pergerakan di dalam laut.

Tentu saja, tidak ada gajah yang berenang sampai ke dasar laut.

Disarikan dari internet dan dari buku : ( Loch Ness Monsters and Raining Frogs: The Word Most Puzzling Mysteries Solved, – Albert Jack, 2014 )

Previous post

Legenda Kera Raksasa Bigfoot Yang Selalu Menjadi Misteri

Next post

Sumpah Pocong : Yang Berani Yang Menang