Jenis-jenis Santet

Santet ada banyak sekali jenis dan ragamnya, apalagi nusantara ini dikenal dengan ragam budaya dan suku yang berbeda-beda tiap daerahnya.

Mulai dari yang menyerang fisik hingga menyerang rejeki.  Dalam kesempatan kali ini, penulis ingin mengelompokan santet dari beberapa sudut pandang. Pengelompokan ini bersifat fleksibel, dalam artian, bisa jadi akan ada praktisi lain yang beropini berbeda.

Santet Dilihat dari Jenis Bendanya

Yang pertama adalah Santet Susuk. Santet jenis ini lebih menekankan benda yang dipakai dalam bentuk benda-benda mati ataupun makhluk hidup seperti misalnya, paku, silet, jarum, serangga berbisa atau benda apapun yang dapat membuat korbannya merasakan sakit yang tak terhingga.

Yang kedua dari jenis ini adalah Santet Khodam. Pelaku atau dukun santet yang menggunakan jenis santet ini akan meminta bantuan dan mengirimkan makhluk halus atau Jin kepada si korban dengan tujuan untuk mengganggu atau merasuki si korban sehingga hal-hal buruk dapat terjadi kepada korban, bahkan bisa membuat si korban menjadi gila ataupun meninggal dunia.

Jenis ketiga adalah Santet Energi yang dikirim adalah berupa energi untuk menyakit / merusak organ tubuh.  Energi ini bisa diprogram untuk aktif di jam-jam tertentu. Misalnya, korban akan merasa sakit kepala antara jam 12 – jam 4 pagi.

Energi ini bisa berasal dari pikir atau bisa juga dari alam. Sebagai contoh, praktisi bisa melakukan ritual bisa didapatkan dari mengambil hawa gaib racun tertentu. Seperti semut, ular, dan serangga lain hingga badan korban terasa gatal.

macam-macam santet

 

Santet Berdasarkan Kekuatannya

Jika dilihat berdasarkan besarnya kekuatan atau efek yang ditimbulkan oleh santet ini, maka dapat dibagi menjadi 3:

– Santet tingkat Dasar.
Santet tingkat dasar ini adalah yang umum dan lumrah banyak ditemui ditengah masyarakat. Penggunaan santet ini bisa dengan mengirimkan benda-benda aneh kedalam tubuh si korban ataupun energi negatif yang dapat mempengaruhi kesehatan si korban. Santet jenis ini kemungkinan besar masih bisa digunakan oleh selain dukun ahli santet, untuk melakukannya hanya menggunakan ritual beberapa sesajen dan beberapa syarat lainnya.

– Santet tingkat Menengah.
Santet tingkat menengah ini dalam penggunaannya biasanya memanfaatkan benda-benda pribadi milik si calon korban untuk disatukan dengan alat-alat ritual lainnya pada saat proses menyantet dilakukan. Benda-benda tersebut misalnya seperti kuku, rambut, baju, celana dalam, tanah rumah atau bahkan foto si korban. Sementara untuk media yang biasa digunakan sebagai sarana ritual biasanya seperti jimat, batu, boneka, roh ataupun makhluk supranatural lainnya.

Santet ini lebih tinggi tingkatannya karena tidak hanya menggunakan media foto. Tapi menggunakan benda pribadi yang diikat. Untuk melepas kunciannya harus berjuang mati-matian. Kadang membutuhkan waktu berhari-hari.

– Santet tingkat Tinggi
Santet ini adalah tingkatan terakhir dari pengelompokan santet jika dibagi berdasarkan pada kekuatannya. Orang yang dapat melakukan santet pada tingkatan ini adalah mereka dukun-dukun santet yang mempunyai ilmu yang sangat tinggi. Bahan-bahan lain yang digunakan pada saat ritual hanya sebagi pelengkap saja bagi mereka.

Karena pada dasarnya mereka mengirimkan santet langsung melalui sukma  mereka. Hal ini dikarenakan karena mereka yang bisa melakukan santet tingkat tinggi ini telah memiliki kekuatan batin yang stabil, kuat dan berkesinambungan.

Disini, santet dikirim langsung menggunakan kekuatan sukma si dukun, tanpa bantuan jin. Akibatnya, santet ini bisa melewati pulau dan juga bisa menembus bentengan / khodam si korban.

Santet jenis ini sangat susah dihadapi karena memang tidak ada kuncian untuk dilepas. Yang ada adalah pertarungan hidup dan mati antara dukun pengirim dengan mereka yang membentengi si korban.Santet

Berdasarkan Sifatnya

Untuk pembagian santet berdasarkan sifat-sifatnya, yaitu santet dibagi menjadi dua jenis.

Pertama adalah santet lepas. Santet jenis ini dikirim oleh seseorang atau mungkin dukun kepada anda seperti peluru. Santet ini masuk ke dalam tubuh dan dibiarkan begitu saja. Orang yang mengirimnya hanya mengamati dari jauh akan reaksinya. Atau bisa dibilang santet jenis ini adalah santet sekali tembak.

Yang kedua adalah jenis Santet yang terus dijaga. Santet jenis ini tak hanya dikirim lalu dibiarkan. Namun terus dikontrol dalam kurun waktu tertentu. Biasanya akan ada semacam tali gaib yang tersambung antara korban dan pelaku. Jika korban mulai kuat menghadapi santet, dukun atau pelaku akan mengisi santet ini lagi hingga tak ada habisnya.

jenis santet

Santet berdasarkan sasaran pada korban

  1. Menyerang rogo 

    Adalah santet yang langsung menyerang badan atau fisik korban. Contohnya : menyerang jantung, limfa, merusak sistem pencernaan, menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga badan gatal, dll.

  2. Menyerang pikirContohnya : Membuat sakit kepala pada korban. Lama-lama bisa membuat gila. Tidak bisa berpikir jernih dan berhalusinasi. Tidak bisa sekolah. Tidak bisa kerja. Hal ini bisa terjadi jika di kaitkan dengan satu “kata kunci”. Misalnya : tiap kali mendengar kata SEKOLAH, korban langsung merasa sakit kepala seperti migrain.
  3. Menyerang rosoSantet ini menyerang perasaan korban. : menimbulkan rasa benci / sebal. Rasa khawatir /cemas berlebihan, rasa takut yang tidak normal.

Sebuah santet biasanya dikirim secara berbarengan.  Biasanya santet roso dulu dikirim supaya timbul rasa takut. Habis itu santet pikir / rogo akan menyerang belakangan.

Begitu juga dengan santet rejeki. Dikirim menyerang pikir dan roso sekaligus sehingga tidak enak kerja, aura menurun pada ujungnya performa rejeki juga menurun.

Itulah beberapa jenis santet yang dapat kami bahas dalam artikel kali ini. Seperti sudah diungkapkan sebelumnya bahwa sebenarnya ada bermacam-macam jenis dari santet, namun secara umum pembagian santet adalah seperti yang telah kami sebutkan diatas.

Previous post

Waspada - Inilah Pengertian Santet Yang Harus Diketahui

Next post

Inilah Rahasia Pembuatan Uang Asmak Penarik Rejeki