Monumen Tersembunyi Di Bawah Stonehenge

Penelitian terhadap adanya monumen tersembunyi di bawah Stonehenge telah dilakukan, namun meskipun telah dibangun lebih dari 5000 tahun yang lalu, situs Stonehenge masih  belum  mau  menyerah untuk memberikan rahasianya kepada  dunia.

Tetapi dengan teknologi  pemetaan yang sangat  canggih pada abad ini, para ahli telah menemukan  satu set monument tersembunyi tepat dibawah situs Stonehenge, yang belum pernah dilihat sebelumnya oleh ahli  Arkeologi manapun.

Stonehenge_new_monuments_distribution
hyperallergic.com

Sebuah perpaduan yang  begitu menakjubkan dari monumen tersembunyi yang masih kuno, bangunan, gerobak telah tersembunyi dengan rapih dan tak terduga tepat dibawah area situs Stonehenge selama ribuan tahun, dan tak ada seorangpun yang tahu.

Para Ilmuwan menemukan situs bawah tanah rahasia ini dengan menggunakan tehnik pemetaan  bawah tanah yang sangat canggih dan menggunakan peralatan-peralatan modern.

An undated photo made available by the University of Birmingham, England, of a man driving a vehicle with surveying instruments near to Stonehenge where a hidden complex of archaeological monuments has been uncovered using hi-tech methods of scanning below the Earth's surface. AP PHOTO/UNIVERSITY OF BIRMINGHAM, GEERT VERHOEVEN
Peralatan yang digunakan untuk melakukan pembuatan peta 3D untuk menguap adanya monumen tersemubnyi dibawah situs Stonehenge. AP PHOTO/UNIVERSITY OF BIRMINGHAM, GEERT VERHOEVEN

Beberapa hasil dari  penelitian yang dilakukan tersebut diantaranya  adalah 17 monumen kuno  yang digunakan untuk acara ritual, termasuk juga begitu banyak sisa bangunan seperti “rumah kematian”, ratusan gundukan-gundukan tanah besar bekas pemakaman, dan juga bukti dari prosesi yang mungkin dilakukan di sekitar monumen Stonehenge itu sendiri.

peta 3D monumen tersembunyi di situs stonehenge
peta 3D di daerah sekitas situs stonehenge, gambar dari http://www.cbsnews.com
GAFFNEY ET. AL./THE STONEHENGE HIDDEN LANDSCAPES PROJECT

Hasil penemuan dari proyek penilitian yang bernama ‘Stonehenge Hidden Ladscape Project’ yaitu kerja keras selama 4 tahun untuk membuat sebuah peta bawah tanah yang mengungkap adanya monumen  tersembunyi di situs Stonehenge dan daerah disekitarnya dalam bentuk 3 Dimensi  (3D) dengan resolusi  tinggi.

www.inquisitr.com
www.inquisitr.com

Kegiatan proyek  untuk meneliti monumen tersembunyy yang dipimpin oleh  peneliti Universitas Inggris dari Birmingham dan Austria Ludwig Boltzmann Institut, mencoba untuk memetakan lokasi  situs  ini dengan kedalaman 3 meter menggunakan radar magnomenter yang dapat menembus tanah dengan resolusi tinggi dan juga bagian dari alat-alat sensor lainnya.

Dan dengan semua ini, hampir sekitar  3000 are telah di gali secara virtual sehingga  menjadikan proyek peneliatan tentang monumen tersembunyi di bawah situs Stonehenge ini menjadi proyek yang paling ambisius dan terbesar di  dunia, dibandingkan  dengan proyek sejenis lainnya yang pernah di kerjakan.

“Semua informasi hasil dari penelitian ini telah di tempatkan pada sebuah peta digital 3 Dimensi. Yang akan memandu siapapun dimasa akan datang untuk mempelajari misteri keberadaan monumen tersembunyi dari Situs Stonehenge dan lingkungan sekitar nya” kata pemimpin ilmuwan Vince Gaffney, profesor arkeologi dari University of Birmingham ini.

Previous post

5 Teori Menjelaskan Misteri Stonehenge

Next post

Pulau Paskah: Misteri Patung Raksasa Moai